Begini Cara Cuci Mobil Tanpa Air

Yang namanya kegiatan mencuci tentunya memakai air, dong? Betul, tapi itu dulu. Sekarang ada metode baru cuci mobil. Betul, sekarang mencuci mobil bisa dilakukan tanpa air. Nah, lho! Bagaimana cara mencuci mobil tanpa air?

Metode ini dikenal dengan istilah dry wash. Apa itu dry wash? Dry wash adalah metode cuci mobil dengan menggunakan cairan khusus yang memiliki kandungan wax. Nah, kandungan inilah yang berfungsi membersihkan dan mengilapkan mobil dalam waktu singkat.

Metode dry wash banyak ditemui di banyak tempat cuci mobil. Tetapi sekarang, banyak juga produk dry wash yang dijual di pasaran. Oleh karena itu, kamu pun bisa membersihkan mobil sendiri di garasi rumah. Begini cara cuci mobil tanpa air alias dry wash.

Pertama, siapkan lap microfiber. Kalau biasanya selang air jadi andalan dalam metode cuci konvensional, benda yang satu ini adalah senjata utama kita sekarang. Siapkan minimal dua lap microfiber. Lap pertama untuk membersihkan, lap kedua untuk mengeringkan.

Pastikan lap microfiber milik kamu dilipat hingga bagian kecil. Tujuannya, tentu saja agar lap bisa digunakan beberapa kali. Selain itu, pastikan juga bagian pinggir lap dilipat ke dalam. Gunanya agar tidak terkena permukaan bodi mobil secara langsung.

Langkah kedua adalah menyemprotkan cairan waterless ke bagian mobil yang hendak dicuci. Santai saja ya nyemprotnya, hehehe. Sekali semprot cukup untuk satu bagian. Tidak perlu semprot berkali-kali untuk bagian yang sama.

Kemudian, lap permukaan bodi mobil dengan cara satu arah, mulai dari bagian atas ke bawah dengan menggunakan lap microfiber yang telah dilipat tadi. Ketika satu bagian lap sudah tampak kotor, gunakan bagian lain dalam lipatan yang masih bersih sehingga hasil dry wash kamu bisa maksimal.

Metode dry wash tidak hanya bisa digunakan pada bodi mobil. Ia juga bisa diterapkan di kaca mobil dan bagian lampu. Jadi, pastikan kedua bagian ini juga dibersihkan setelah bodi mobil, ya.

Bila proses membersihkan bagian mobil yang kotor sudah selesai, pastikan lap menggunakan bidang lain agar kotoran yang sudah menempel pada lap tidak menggores permukaan bodi.

Terakhir, bila bagian mobil yang telah dibersihkan sudah setengah kering, lap lagi menggunakan lap microfiber yang masih kering (iya, lap kedua yang sudah disiapkan tadi). Lap terus sampai permukaan mobil kamu benar-benar kering.

Bagaimana, mudah kan?

pearlwaterlessinternational.com

 

Namun perlu diingat, metode dry wash memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dry wash?

Kelebihan:

  1. Dry wash bisa dilakukan di banyak tempat, terutama di tempat-tempat seperti parkiran kantor dan basement mall yang tidak memperkenankan kita untuk menggunakan air dalam jumlah banyak
  2. Cairan dry wash saat ini sudah banyak dijual di pasaran.
  3. Cairan khusus cuci dry wash tidak mengandung mineral. Artinya, ia tidak akan meninggalkan jamur di mobil kamu.
  4. Selain pada bodi mobil, cairan dry wash pun dapat digunakan untuk membersihkan bagian-bagian yang lain pada mobil, misalnya bagian lampu dan kaca.
  5. Irit tagihan listrik dan air, terutama bila kamu termasuk orang superbersih yang hampir setiap hari membersihkan kendaraan, hehehe.

Kekurangan:

  1. Metode dry wash hanya bisa dilakukan untuk mobil yang memiliki noda ringan seperti debu
  2. Metode dry wash tidak bisa membersihkan noda yang berkaitan dengan tanah, termasuk lumpur, terutama yang sudah mengerak. Bagian ini harus dirontokkan terlebih dahulu dengan air. Bila dipaksakan dengan dry wash, bodi mobil bisa baret.

 

Bagaimana, tertarik mencoba metode dry wash?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *